blogInformasi

Lulusan Akuntansi Bisa Kerja di Bank

Lulusan Akuntansi Bisa Kerja di Bank – Akuntansi merupakan jurusan yang mempelajari dan berhubungan dengan proses mencatat, menggolongkan, meringkas dan kemudian menyajikannya dalam bentuk laporan keuangan yang terjadi dalam waktu tertentu. Terkadang siswa yang telah mengikuti pelatihan akuntansi perpajakan bingung dan bertanya apakah nanti lulusan akuntansi bisa kerja di Bank. Tidak sekedar hanya di Bank tetapi lulusan akuntansi bisa menentukan beberapa profesi. Ada beberapa tempat yang bisa diraih oleh lulusan akuntansi pada saat bekerja di bank.

Front Office Department

Front Office Department adalah departemen yang terdiri dari teller, staff penghimpun dana dan staff jasa (meliputi kliring, inkaso, customer service, transfer, pengiriman serta phone banking officer). Bagian Front Office Department adalah bagian terpenting dari setiap bank hal ini karena mereka berhadapan langsung dengan para nasabah.
Lulusan akuntansi bisa bekerja di Front Office Department pada sebuah bank. Pada dasarnya untuk menjadi Front Office Department tidak harus seseorang yang lulusan akuntansi. Kenyataannya, posisi ini menerima orang-orang dari jurusan manapun.
Ketentuan yang ditetapkan biasanya adalah tinggi badang, berat badan dan usia, juga kemampuan berkomunikasi dengan baik. Oleh karena itu kesempatan guna bekerja di front office department ini sangat banyak.

Credit Analyst Department

Credit Analyst Departmen bertugas dalam menentukan layak atau tidaknya jika seorang nasabah akan mendapatkan fasilitas kredit dari sebuah bank. Bukan hanya kredit saja, analisis juga dilakukan saat permohonan kartu kredit dan batasan kredit yang diberikan kepada konsumen/pemohon. Lulusan akuntansi bisa bekerja sebagai credit analyst di suatu bank.

BACA JUGA:  Kursus Komputer Akuntansi

Loan Administration Department

Loan administration merupakan orang yang bertugas menanangani segalah masalah administrasi kredit, portofolio kredit dan juga hukum. Loan administration department biasa juga menangani pendaftaran serta permohonan kredit dan menganalisa serta membantu permohonan kredit, penyiapan dan pelaksanaan realisasi/ kredit, pemeliharaan dan penyimpanan dokumen dan agunan kredit, mengawasi performance dan mengklarfikasi kredit dan menyelesaikan kredit bermasalah. Lulusan yang bisa bekerja di posisi loan administrasi department yaitu lulusan akuntansi atau keuangan

Business Promotion Department

Business promotion department merupakan bagian yang terdiri dari account officer atau biasa juga disebut juga marketing officer. Tugas account officer atau marketing officer ini adalah melakukan kegiatan pemasaran berbagai produk perbankan, khususnya yang berhubungan dengan kredit. Lulusan yang dapat mendaftar pada business promotion department ini yaitu lulusan akuntansi dan administrasi.

• Auditor (External Auditor dan Internal Auditor)

Auditor merupakan seseorang yang melakukan fungsi auditing. Auditing yaitu proses pemeriksaan perusahaan, dalam rangka mengetahui apakah manajemen usaha telah dilaksanakan tersebut sudah sesuai dengan baik dan benar. Pemeriksaan juga dilakukan apakah sudah sesuai prosedur atau malah terjadi penyimpangan. Bagian auditing ini terdapat 2 profesi auditor, yaitu internal auditor dan eksternal auditor. Internal auditor bekerja pada suatu perusahaan secara tetap, sedangkan eksternal auditor tidak terikat pada aturan perusahaan dan cenderung independen.

• Akuntansi Pajak

Akuntansi pajak adalah suatu proses penyiapan, pelaporan pajak penghasilan dan pelaksanaan perencanaan pajak.

• Konsultan Pajak

Konsultan pajak ialah seseorang yang memberikan jasa konsultasi pajak pada seorang wajib pajak. Sehingga wajib pajak dapat melakukan hak dan memenuhi kewajiban pajaknya sesuai dengan ketentuan dan aturan perpajakan yang berlaku. Untuk mendapatkan ijin praktek sebagai seorang konsultan pajak yaitu lulus ujian sertifikasi konsultan pajak (USKP) yang diadakan oleh Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI).

BACA JUGA:  kursus akuntansi jogja

• Pendidik

Profesi dari setiap bidang pekerjaan mempunyai kesempatan untuk menjadi pendidik. Seorang pendidik dapat memberikan ilmu yang dimilikinya pada seseorang yang lain. Hal ini juga berlaku kepada semua bidang pekerjaan dan bahkan pada akuntan.

• Wirausaha

Setiap orang yang mempunyai belakang pendidikan apapun bisa menjadi wirausaha. Seseorang dengan latar belakang pendidikan akuntansi bisa juga menjadi wirausaha. Seorang akuntan mempunyai banyak kelebihan di mana kelebihan itu dapat membantunya saat menjadi seorang wirausaha.
Kelebihan yang dimiliki akuntan adalah memahami perhitungan keuangan dan kondisi keuangan sebuah perusahaan. Ilmu akuntansi tersebut akan banyak membantu saat berwirausaha.

• PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Ilmu Akuntansi sangat dibutuhkan baik di perusahaan swasta maupun pemerintahan. Pada setiap tahun, pemerintah biasanya membuka lowongan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) untuk jurusan akuntansi.