Informasi

Kursus Akuntansi

Kursus adalah pengajaran tentang suatu pengetahuan atau keterampilan, yang diberikan dalam waktu cepat atau singkat. Kursus akuntansi adalah lembaga di luar sekolah yang memberikan pelajaran serta pengetahuan atau keterampilan tentang akuntansi yang diberikan dalam waktu singkat.

Kursus Akuntansi

brevet pajak

Brevet pajak adalah suatu pelatihan atau kursus di bidang perpajakan yang mempunyai beberapa jenis tingkatan yang berbeda-beda, sehingga setiap kelas akan berbeda juga pembelajarannya. Pelatihan ini dapat dilaksanakan dengan menggunakan software pajak atau tidak. Brevet pajak dikelompokkan dalam 3 jenis :

  • Brevet
  • Brevet
  • Brevet

les akuntansi

Kursus biasa disebut juga les yaitu lembaga pelatihan yang tergolong dalam jenis pendidikan non formal. Les akuntansi adalah kegiatan belajar-mengajar bidang akuntansi seperti halnya sekolah tetapi diselenggarakan dalam waktu pendek.

kursus akuntansi online

Pada umumnya kursus akuntansi dilakukan melalui tatap muka (offline) sedangkan kursus akuntansi online masih relatif jarang dilakukan. Pembelajaran akuntansi online ini banyak dilakukan oleh siswa dikarenakan masa sekarang masih pandemi COVID-19. Biaya mengikuti kursus akuntansi online ini tidak murah. Ada salah satu lembaga pendidikan yang memasang tarif kurang dari satu juta rupiah. 

biaya kursus akuntansi

Akuntansi adalah penjabaran atau pengukuran mengenai informasi yang dapat membantu manajer, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain dalam membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan. Kursus akuntansi dilakukan oleh lembaga pelatihan dimana sistem kegiatan belajar mengajar yang diselenggarakan dalam waktu yang singkat. Biaya dalam mengikuti kursus akuntansi tidak murah, harga yang ditetapkan mulai harga Rp. 2.000.000. Untuk biaya pelatihan akuntansi Basic Level sebesar Rp. 2.500.000 dan advanced level sebesar Rp. 3.000.000.

BACA JUGA:  Apa sih Brevet A, B, dan C itu?

kursus akuntansi online bersertifikat

Pendidikan dan pelatihan akuntansi dilakukan secara tatap muka, dikarenakan masa pandemi COVID-19 ini makan untuk pembelajarannya dilakukan secara online. Materi diberikan dengan aplikasi zoom, email, whatsapps, google meet dan sebagainya. Untuk ujian akhir dilakukan test yang diberikan secara online juga yang pada akhirnya mendapatkan sertifikat. 

les privat akuntansi untuk mahasiswa

Pembelajaran khusus untuk mahasiswa dapat dilakukan di rumah dengan mendatangkan guru. Proses pembelajaran seperti ini biasa disebut les privat dengan metode yang bermacam-macam. Untuk materi akuntansi ada guru yang mengajarkan secara mendiktekan soal yang kemudian dikerjakan oleh mahasiswa. Biaya les privat akuntansi ini mulai harga Rp. 50.000 per jam bahkan ada yang lebih.

tempat kursus akuntansi

Lokasi dan tempat untuk belajar sangat menentukan kenyamanan siswa dalam menelaah ilmu. Materi akuntansi membutuhkan konsentrasi yang cukup tinggi dalam memahaminya. Sehingga tempat kursus yang tenang, nyaman dan dekat pusat kota sangat diharapkan siswa dalam menempuh kursus akuntansi. 

tempat les akuntansi

Tempat les sangat menentukan tingkat keberhasilan siswa dalam memahami materi-materi ajar. Kebisingan di tempat les akan sangat mengganggu konsentrasi siswa dalam belajar.  Oleh karena itu tempat les dilakukan satu pola penjaminan mutu yang mengacu kepada sistem penjaminan mutu pendidikan nasional yang termuat dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu evaluasi, akreditasi dan sertifikasi.

Evaluasi dan Akreditasi dilakukan terhadap satuan pendidikannya dalam hal ini yaitu lembaga kursus dan pembelajarannya, untuk sertifikasi dilaksanakan pada SDM. Evaluasi dilakukan oleh pemerintah berupa evaluasi kinerja, akreditasi untuk mengukur kelayakan yang dilaksanakan  Ban-PNF, dan sertifikasi dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi yang dibentuk oleh asosiasi profesi dan ditetapkan oleh pemerintah.

BACA JUGA:  Akuntansi Pajak Jogja